Close
Satu Lagi Situs Cagar Budaya di Yogyakarta

Warung Boto : Satu Lagi Cagar Budaya di Yogyakarta

Warung Boto, pernahkah kalian mendengar tentangnya? Mungkin situs cagar budaya ini masih kalah pamor dengan situs-situs cagar budaya lain, sebut saja Taman Sari, Keraton, dan lainnya. Memang masih belum lama cagar budaya yang sebeneranya bernama Pesanggrahan Rejawinangun ini dipugar. Kurang lebih pada pertengahan tahun 2016 kemarin Warung Boto ini selesai dipugar.

Rute dan Biaya Masuk

Berada di jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Letak Warung Boto ini dekat dengan Kebun Binatang Gembira Loka.

Ketika datang ke sini, kalian diharuskan untuk mengisi buku tamu terlebih dahulu. Sedangkan untuk biaya masuknya, saat ini kalian cukup memberikan sumbangan seikhlasnya, belum ada biaya khusus yang dipatok untuk masuk ke Situs Warung Boto ini.

Mengisi buku tamu
Mengisi buku tamu

Sejarah singkat

Menurut sejarah, Situs ini merupakan pesanggrahan yang mulai dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuono I hinggal masa permerintahan Sultan Hamengkubuono II. Dibangun dengan tujuan sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Maka dari itu kalian masih bisa melihat di sini taman, kebun, segaran juga kolam.

Sebelum direnovasi, Situs ini hanyalah reruntuhan puing bangunan yang kurang terawat. Akan tetapi, telah selesai dipugar pada pertengahan tahun 2016. Dan resmi dibuka oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya pada tanggal 23 Desempet 2016 lalu.

Sejarah singkat
Sejarah singkat

Sempat viral setelah digunakan sebagai tempat pre-wedding putri Presiden Joko Widodo

Awal Situs ini viral adalah setelah Kahiyang Ayu bersama Bobby Nasution mengunggah foto pre-weddingnya di instagram. Putri dari orang nomor satu di Indonesia ini sempat membuat orang bertanya-tanya di manakah tempat yang menjadi tempat pemotretan foto tersebut.

Foto pre-wedding dari Kahiyang Ayu bersama Bobby Nasution
Foto pre-wedding dari Kahiyang Ayu bersama Bobby Nasution

Makin penasaran dengan cagar wisata satu ini? Silahkan singgah bilamana sahabat main ke Kota Jogjakarta, tapi jangan lupa tetap jaga kebersihan ya di sana. Mari kita jaga bersama cagar budaya ini. Jangan sampai tangan-tangan jahil merusaknya.^_^

Tinggalkan Balasan