Close
Bukit Klangon

Bukit Klangon : Menikmati Indahnya Merapi Lebih Dekat #RideWithThole

Beberapa hari Jogja benar-benar panas, suhu tidak pernah kurang dari 32′. Dengan alasan tersebut, kami memutuskan untuk berkunjung ke Bukit Klangon ini. Mencoba mencari hawa sejuk di kaki Gunung Merapi.

Ini sebenernya juga bukan kali pertamanya saya ke sini. Sebelumnya saya pernah main ke bukit ini bersama teman-teman Multirotor Jogja. Tapi ya namanya baru sekali, belum begitu hafal juga hehehe. Karena itu pula, saya mengajak teman-teman untuk berangkat dari pukul 07.00. Agar tidak terlalu kesiangan bilamana kita masih butuh mencari-cari jalan kesana hehehe.

Gagahnya Merapi Dari Bukit Klangon
Gagahnya Merapi Dari Bukit Klangon

Melihat Merapi Lebih Dekat

Dari Bukit Klangon, atau yang mempunyai nama asli Wisata Alam Bukit Glagaharjo ini, kalian bisa melihat gagahnya Gunung Merapi lebih dekat. Tapi, cuaca di sini juga tidak selalu bagus. Terkadang, Gunung Merapi tertutup oleh awan. Jadi pastikan kalian melihat cuaca sebelum main ke sini yak. Kami menyarankan untuk main ke sini pada pagi hari. Selain udara masih sejuk, cuaca juga lebih sering cerah sehingga, kalian bisa menyaksikan Gunung Merapi lengkap dengan puncaknya. 😀

Foto Udara Bukit Klangon
Foto Udara Bukit Klangon

Gardu Pandang Bukit Klangon

Salah satu yang terkenal disini adalah gardu pandangnnya. Gardu pandang yang dengan latar belakang Gunung Merpi nan cantik ini. Seolah tidak bisa dilewatkan oleh pengunjung yang datang kemari. Gardu pandang ini sendiri didirikan atas donasi pengembangan wisata minat khusus oleh Riotary International.

Trek Downhill Sepanjang 20KM

Selain ber-foto ria. Di sini juga menjadi satu tempat yang banyak dikunjungi para pesepeda. Khususnya para pecinta downhill. Di sini kamu bisa memacu adrenalin di terk yang memiliki panjang 20 KM. Dengan elevasi start hingga finish setinggi 300m.

Trek yang panjang dan memacu adrenalin tersebut biasanya ditempuh oleh para pesepeda selama 1,5 jam. Sepertinya besok-besok bisa nih mencoba treknya juga, tapi harus pinjam sepeda downhill di mana dulu ya? hahahaha

Fasilitas Wisata Yang Cukup Lengkap

Untuk kalian yang ke sini bukan untuk bersepeda downhill, tidak perlu kuatir, banyak fasilitas wisata lain yang cukup lengkap di sini. Kalian bisa berkemah di sini, foto-foto di banyak spot yang keren-keren. Atau, mungkin sekedar sarapan indomie di warung-warung yang berjualan di sekitar tempat parkir.

Fasilitas pendukung yang disediakan di sini bisa dibilang cukup lengkap juga lo. Mulai dari toilet, mushola, hingga porter downhill juga tersedia di sini. ^_^

Rute dan Lokasi Menuju Bukit Klangon

Bukit Klangon sendiri, berjarak kurang lebih 30 KM dari pusat kota Jogja. Cukup jauh memang, tapi jangan takut, rute ke sana tidak begitu sulit kok. Dari arah Kaliurang setelah bertemu pertigaan Kaliadem belok kanan. Pada pertigaan menuju The Lost World Castle ambil arah kanan lalu setelah bertemu pertigaan selanjutnya ambil kiri dan lurus terus dari situ sudah terdapat banyak plakat Bukit Klangon. Rute menuju Bukit ini sedikit terjal dengan banyak bebatuan kecil dan tanjakannya yang cukup berliku. Jadi harap hati-hati ya.

Untuk kalian yang mungkin masih bingung tentang rutenya, kalian bisa langsung mengikuti peta di bawah ya. ^_^

Biaya Masuk Bukit Klangon

Satu lagi yang menarik dari Bukit Klangon. Sampai saat kami ke sana ini, Bukit Klangon masih belum menerapkan tiket masuk alias gratisss. Kalian cukup membayar parkir saja. Rp 2.000,- untuk kendarakan roda dua dan Rp 5.000,- untuk kendarakan roda 4, cukup murah bukan? 😀 Jadi, kapan nih kalian main ke sini? ^_^

Tinggalkan Balasan