Close
Lesehan di saung

Saoto Bathok Mbah Katro : Makan Soto Mangkuk Bathok

Setelah kami berbasah-basah ria di wisata air Umbul Ponggok. Sekarang saatnya memanjakan perut dengan yang hangat-hangat. Hasil dari googling-googling di tenah perjalanan pulang ke Jogja, kami menemukan rekomendasi kuliner Saoto Bathok Mbah Katro ini. Oh ya, Kalau kalian belum membaca tulisan saya tentang wisata air Umbul Ponggok, bisa langsung menengoknya di tautan ini ya https://sahabatransel.com/222-km-wisata-air-umbul-ponggok-ridewiththole/.

Untuk kalian yang belum tau apa itu bathok. Bathok sendiri adalah cangkang dalam bahasa Jawa. Jadi kuliner Saoto Mbak Katro ini adalah soto daging, yang disajikan dalam mangkuk yang terbuat dari cangkan buah kelapa.

Datang, langsung pesan ya
Datang, langsung pesan ya

Saoto ini bukan typo

Iya, saya memang sering kali typo dalam menulis. Tapi tenang, kali ini saya tidak sedang salah penulisan. Tapi, memang saoto adalah sebutan untuk soto di daerah Solo. Sama seperti orang makasar menyebutnya dengan coto makasar. Saoto Mbah Katro ini memang mengusung genre soto Solo, sehingga penamaannya pun memakai istilah daerah asalnya.

Menu di Saoto Bathok Mbah Katro

Sempat kita shock, melihat ada peberitahuan di depan warung, bahwasannya ada kenaikan harga terhitung mulai Oktober 2019. Tetapi, ternyata diluar dugaan kami, harganya masih bisa dibilang relatif murah.

Kenaikan harga di Saoto Bathok Mbah Katro
Kenaikan harga di Saoto Bathok Mbah Katro
Jenis MakananHarga
Saoto CampurRp 6.000,-
Saoto PisahRp 8.000,-
NasiRp 2.000,-
TogeRp 2.000,-
Teh PanasRp 2.500,-
Es TehRp 2.500,-
Jeruk PanasRp 2.500,-
Es JerukRp 2.500,-
Air PutihRp 500,-
TempeRp 500,-
Sate UsusRp 1.000,-
Saoto Bathok Mbah Karto
Saoto Bathok Mbah Karto

Rute menuju Saoto Bathok Mbah Katro

Saoto Bathok Mbah Katro sendiri berada di Sambisari, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kurang lebih 15KM ke timur dari pusat Kota Jogja. Dari Kota kalian memerlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai di sana. Untuk mudahnya kalian bisa mencari alamat Cansi Sambisari, karena Saoto Mbah Katro ini terletak tepat di belakang candi tersebut. Untuk lebih jelasnya sudah saya sematkan peta di bawah ya.

Selain makanan yang enak, lokasi di sini juga sangat mendukung untuk bersantai. Makan lesehan di saung yang berada di sebelah sawah dengan angin semilir. Ingin rasanya goleran deh setelah makan di sana hahahah.

Semilir angin di sebelah sawah
Semilir angin di sebelah sawah

Tinggalkan Balasan