Close
Tugu Mac Arthur

Tugu MacArthur : Menikmati Keindahan Sentani sembari Belajar Sejarah #PulangkePapua

Douglas MacArthur, atau yang biasa disapa Jendral MacArthur merupakan seorang jenderal bintang lima asal Amerika dari Angkatan Darat Filipina. Jendral yang terkenal dengan¬†strategi ‘loncat katak‘-nya ini memiliki peran penting dalam Perang Pasifik yang merupakan bagian dari Perang Dunia II. Pasukan Sekutu mendarat di Teluk Humboldt atau Teluk Hamadi pada 22 April 1944. Douglas McArthur yang saat itu didaulat sebagai Panglima Besar, memerintahkan pasukannya untuk mendirikan sebuah Markas Besar Umum Daerah Pasifik Barat Daya dan lokasinya ada di Distrik Sentani, tepatnya di Ifar Gunung, tempat Tugu MacArthur berada saat ini. Inilah sebab mengapa tugu peringatan ini mengambil nama salah satu Jenderal Besar yang dimiliki Amerika Serikat hingga saat ini.

Akses Menuju Tugu MacArthur

Tugu MacArthur terletak di atas Ifar Gunung yang berjarak kurang lebih 15 menit dari Bandara Sentani atau sekitar 1 jam dari Kota Jayapura. Bila menggunakan angkutan umum kalian bisa turun di Pangkalan Angkutan Hawai. Dari sini kalian harus melanjutkan perjalanan menggunakan ojek ke arah Resimen Induk Kodam (Rindam) XVII Cendrawasih. Kalau saran kami, kalian lebih baik sewa kendaraan pribadi disana, karena dengan membawa kendarakan pribadi kalian bisa berhenti kapan pun sekedar mengagumi keindahan Danau Sentani atau Pegunungan Cyclops.

Tugu MacArthur sendiri terletak di dalam markas TNI. Jadi untuk masuk kesana kalian harus melapor ke pos penjagaan Resimen Induk Kodam (Rindam) XVII Cendrawasih. Di pos penjagaan kalian harus meninggalkan kartu identitas dahulu, baru kalian dibolihkan masuk ke dalam markas. Jadi jangan sampai lupa membawa kartu identitas ketika kalian berkunjung ke sana.

Tugu McArthur ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sepeser pun untuk memasukinya. Tetapi pengelola akan sangat berterima kasih apabila kita berbaik hati memberikan sumbangan. Sumbangan sukarela yang masuk akan menjadi bagian dari dana pemeliharaan obyek wisata yang penting untuk dilestarikan ini.

Tugu MacArthur
Tugu MacArthur
Tulisan di Tugu MacArthur
Tulisan di Tugu MacArthur

Pemandangan Distrik Sentani dari Ifar Gunung

Di sini kalian bukan hanya bisa belajar sejarah akan Perang Dunia II. Karena Tugu MacArthur ini berada di atas bukit Ifar Gunung, kalian bisa melihat panorama indah Distrik Sentani. Tak ketinggalan, Danau Sentani yang sangat indah pun menjadi sajian utama yang bisa kalian nikmati di sini. Deretan Pegunungan Cyclops, Danau Sentani yang mempesona, Bandara Internasional Sentani, dan juga pemandangan Distrik Sentani menjadi salah satu alasan banyak wisatawan pergi ke sini. Pulau-pulau kecil di tengah Danau Sentani pun menambah cantik pemandangan dari atas Ifar Gunung ini. Bisa kalian bayangkan dahulu Jendral MacArthur menghisap cerutu sembari asyik mengatur strategi perang, dan di depannya terhampar keindahan yang menakjubkan.

Pemandangan Danau Sentani
Pemandangan Danau Sentani
Hamparan Pegunungan disekeliling Ifar Gunung
Hamparan Pegunungan di sekeliling Ifar Gunung
Berfoto ria di atas Bukit Ifar Gunung
Berfoto Ria di Atas Bukit Ifar Gunung

Waktu yang disarankan untuk berkunjung ke sini sebenarnya adalah sore hari ketika matahari mulai terbenam. Bila cuaca cerah, kita dapat menikmati indahnya matahari yang memancar di langit hingga tenggelam di antara Pegunungan Cyclops. Tapi sayangnya ketika kami ke sini kemarin masih siang hari, tidak sampai menikmati matahari tenggelam karena kita harus melanjutkan perjalanan kembali.

Para Pengunjung di Ifar Gunung
Para Pengunjung di Ifar Gunung
Menikmati Senja Di atas Ifar Gunung
Menikmati Senja di Atas Ifar Gunung
Photo Udara Dari Ifar Gunung
Foto Udara dari Ifar Gunung
Pemandangan Bandara Internasional Sentani
Pemandangan Bandara Internasional Sentani

#PulangkePapua

Tulisan ini merupakan bagian dari perjalanan saya dengan kawan-kawan dari TelusuRI, Landscape Indonesia dan Creative Digital Papua berkeliling Papua selama satu bulan. Memang bisa dibilang kurang waktu satu bulan untuk kita bisa menjelajahi setiap sudut Papua. Tapi kami berharap dengan perjalanan ini bisa menambah teman dan cerita baru di tanah Papua. Selain tulisan ini akan ada beberapa tulisan lain mengenai #PulangKePapua. Jadi, sering-sering main ke sahabatransel.com ya.

2 thoughts on “Tugu MacArthur : Menikmati Keindahan Sentani sembari Belajar Sejarah #PulangkePapua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *