Close
Tebing Breksi

Tebing Breksi : Dari Lokasi Tambang Sampai Tempat Rekreasi

Diambil seperti nama jenis bebatuan yang membentuknya, Tebing Breksi telah resmi dibuka sekitar dua tahun lalu. Bukit ini terlihat tak jauh beda dengan bukit kapur di tempat lain seperti Bukit Jaddih, Madura. Letaknya yang strategis dan berdekatan dengan tempat wisata lain membuatnya mudah untuk dijangkau. Tepatnya berada di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Sebelum sempat tenar seperti sekarang, Tebing Breksi dulunya hanyalah lokasi penambangan warga sekitar. Kini, Tebing Breksi menjelma menjadi tujuan wajib ketika berwisata ke Yogyakarta. Apalagi setelah beberapa sisi tebing diubah menjadi pahatan cantik seperti wayang dan naga. Maka tak heran bila banyak yang menggunakannya sebagai latar pre-wedding.

Tangga yang di buat dari bebatuan breksi
Tangga yang di buat dari bebatuan breksi

Fasilitas di Tebing Breksi

Lokasi Tebing Breksi cukup luas untuk dijelajahi. Maka dari itu terdapat mobil jeep yang biasa disewakan untuk berkeliling. Selain itu banyak sekali warung-warung berjejeran rapi di bagian atas yang siap bertanggung jawab untuk perut yang keroncongan. Fasilitas kamar mandi dan mushola juga tersedia dengan keadaan bersih. Di samping tebing juga terdapat sebuah latar luas yang bisa digunakan untuk acara pertunjukan atau disebut amphitheatre.

Pengunjung disediakan tangga agar bisa melihat pemandangan dari atas seperti kota yang terlihat lebih romantis bila malam tiba. Dari kejauhan pengunjung bisa melihat Candi Barong. Bila beruntung, maka Candi Prambanan juga bisa terlihat, meskipun hanya ujungnya saja. Oya, tak perlu khawatir bila lupa membawa properti untuk berfoto ria, karena di atas pengunjung bisa memilih beberapa tulisan unik. Keamanan ketika pengunjung berada di atas juga cukup terjamin karena adanya pembatas yang mengelilingi pinggirnya.

Panggung pertunjukan / amphitheatre
Panggung pertunjukan / amphitheatre
Foto Bersama Dulu ^_^
Foto Bersama Dulu ^_^
Burung Hantu di Tebing Breksi
Burung Hantu di Tebing Breksi

Tarif Retribusi di Tebing Breksi

Semua fasilitas tersebut bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Tidak ada patokan tarif untuk masuk ke lokasi, cukup membayar seikhlasnya saja. Tapi, untuk parkir, pengunjung harus membayar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Dan ketika pengunjung menggunakan beberapa properti foto hanya dikenakan tarif seikhlasnya saja.

Waktu Paling Tepat untuk Berkunjung

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Tebing Breksi adalah pagi atau sore hari sambil menikmati terbenamnya matahari. Sangat tidak dianjurkan untuk ke sana pada waktu siang hari. Mengingat Tebing Breksi sendiri adalah semacam bukit kapur maka tentu saja akan sangat panas menyengat ketika siang hari. Ditambah lagi tidak ada pohon-pohon rindang untuk tempat berteduh. Jadi bila kamu datang ke sini sangat disarankan membawa pelindung kepala seperti topi atau bahkan payung.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: