Close
Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi : Mencoba Memahami Merapi

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Merapi? Gunung yang pada tahun 2010 lalu telah erupsi dan membuat beberapa Desa di Kota Sleman luluh lantak. Memang, di balik anugerah dan alam yang indah, tersimpan petaka yang sewaktu-waktu membawa bencana.

Diorama Gunung Merapi
Diorama Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Nah, untuk kalian yang sedang berwisata di Kota Jogja, bolehlah mampir ke Museum Gunung Merapi ini. Museum yang terletak di Jl. Kaliurang Km. 22 ini, menyuguhkan banyak pengetahuan tentang Gunung Merapi. Jangan takut bosan di museum ini, karena menurut saya, museum ini merupakan museum yang sangat interaktif yang pernah saya temui. Baru saja kita masuk, kita akan dihadapkan dengan diorama dari Gunung Merapi. Tidak berhenti di situ, di diorama Gunung Merapi tersebut, kita bisa mendapatkan informasi berupa audio dengan memencet tombol narasi di tepi diorama. Di samping tombol narasi, kita juga bisa melihat tombol-tombol silmulasi penyebaran awan panas pada beberapa periode meletusnya Gunung Merapi.

Selain diorama-diorama, di sini kita juga bisa melihat replika/tiruan dari rumah yang terkena dampak oleh letusan Gunung Merapi. Bisa kita bayangkan betapa dahsyat letusannya dilihat dari replika-replika tersebut. Yang lebih seru lagi, banyak alat-alat peraga yang interaktif, yang membuat museum ini tidak terlihat kaku dan membosankan. Jadi, saran kami kalau main ke sana, coba deh cari alat-alat peraga yang mempunyai tombol-tombol. Pasti peraganya seru-seru. ^_^

Selain memberikan informasi tentang Gunung Merapi dari sudut pandang ilmu pengetahuan, di sini kalian juga disuguhkan tentang mitos-mitos yang ada di masyarakat tentang Gunung Merapi.

Replika Terdampak Letusan Gunung Merapi
Replika Dampak Letusan Gunung Merapi
Mitos Seputar Gunung Merapi
Mitos Seputar Gunung Merapi

Jangan Melewatkan Lantai Kedua

Kalau kalian sudah selesai mengelilingi lantai pertama dari Museum Gunung Merapi, jangan terburu-buru untuk pulang ya, karena masih ada lantai kedua. Sebenarnya, di sini kalian bisa menonton sebuah film dokumenter yang berjudul Di Bawah Langit Merapi. Akan tetapi, ketika kami ke sana kemarin, kami sedang kurang beruntung, karena teater mini yang biasa memutar film tersebut sedang tidak beroperasi. Tetapi, kekecewaan itu masih bisa terobati dengan diorama-diorama keren tentang terbentuknya kubah Gunung Merapi.

Yang unik lagi di museum ini, bukan hanya menyajikan tentang Gunung Merapi. Kalian bisa menemui beberapa informasi tentang gunung berapi lain mulai dari yang ada di Indonesia hingga gunung berapi yang ada di manca negara. Dan yang mengejutkan, di sini juga ada bagian yang menjelaskan tentang Gelombang Tsunami, yang mana di Indonesia pernah dilanda Gelombang Tsunami yang dahsyat pada tahun 2004 silam.

Diorama di Museum Gunung Merapi
Diorama di Museum Gunung Merapi

Alamat dan Akses ke Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi ini terletak di kawasan wisata Kaliurang, tepatnya di Jalan Kaliurang Km. 22,  Pakem, Kabupaten Sleman. Dari pusat Kota Jogja, kalian membutuhkan waktu kurang lebih 30-45 menit untuk bisa sampai ke Museum Gunung Merapi ini. Untuk lebih jelasnya, saya sematkan petanya di bawah.

Tiket dan Jam Operasi Museum Gunung Merapi

Nah, yang satu ini juga tidak kalah pentingnnya. Jangan sampai kalian salah waktu kunjung. karena Museum Gunung Merapi tutup pada hari Senin. Dan pada hari lain, buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.30. Untuk harga tiket sendiri, kalian hanya dikenakan biaya Rp5000,00. Dan untuk menonton film di teater mini, kalian dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5000,00 juga. Tidak mahal, bukan? Jadi, kapan kalian mau main ke sini? ^_^

Video Jalan Jalan di Kaliurang Jogja

Kalau kalian sedang jalan-jalan di Kaliurang, kalian juga bisa mampir ke Museum Ullen Sentalu. Seperti yang kami lakukan kemarin di video jalan-jalan di Kaliurang. Penasaran? Yuk langsung cek videonya.

3 thoughts on “Museum Gunung Merapi : Mencoba Memahami Merapi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: