Close
kebun teh sirah kencong blitar

Segarkan Harimu di Kebun Teh Sirah Kencong Blitar

Sepertinya enak kalau tinggal di Bogor sana, ada kebun tehnya.
Inilah dulu pikiran seorang gadis kecil korban FTV yang sering menyuguhkan kisah percintaan dengan pengambilan lokasi di sebuah pedesaan maupun tempat sejuk seperti kebun teh. Namanya juga anak-anak yang belum mengenal dunia luar, belum tahu kalau sebenarnya di kota tempat tinggalnya juga memiliki tempat yang tak kalah indah dengan setting di FTV itu.Tak perlu menghabiskan lembaran rupiah untuk bisa menikmati sejuknya pemandangan kebun teh seperti di televisi, si gadis kecil yang sudah tumbuh dewasa ini bisa mendapatkannya di Kebun Teh Sirah Kencong. Di kota kecilnya, Blitar.

Menuju Sirah Kencong

Memang, tempatnya lumayan jauh dari kota. Lumayan jauh lho ya, bukan sedikit jauh. Sekitar 15 kilometer dari Wlingi, Kabupaten Blitar. Kalau diukur dengan hitungan waktu ya sekitar 45-60 menit dari Wlingi ke Sirah Kencong. Kalau dihitung dengan satuan waktu dari Kota Blitar menuju Wlingi bisa ditempuh sekitar 30 menit. Bisa lah diakumulasi sendiri dan diperkirakan waktu yang akan ditempuh untuk sampai di sana.
Dulu, pas masih cupu dan belum tahu jalur alternatif untuk menuju ke sana, saya lewat jalur Semen. Yang paling nempel di ingatan saya adalah jalannya rusak parah. Enak banget kalau lewat jalan raya mulus seperti di tol, lewatnya di jalanan yang penuh batu seukuran kepala bayi hehehe serem ya? Iya serem emang, apalagi kalau yang masih terantanan kalau naik motor. Udah jelas nyerah di awal hehe.
Nah, karena sekarang cupunya udah berkurang, dikiit sih 😀 saya mulai tahu jalur lain yang lebih aduhai mulusnya dan lebih mudah untuk dilewati. Pasti yang sudah sering ke sana tahu jalan mana yang saya maksud. Iya, lewat Wlingi. Dari Kawedanan belok ke kiri. Tidak sulit untuk lewat jalur ini karena sudah ada petunjuk jalan yang jelas untuk sampai ke sana. Yah seperti hidup yang tak selalu mulus, di jalur inipun juga masih ditemui beberapa titik yang berbatu, tapi tentu saja bila dibandingkan dengan jalur Semen, jalur Wlingi masih lebih mudah dan bagus.
Lalu, hanya kebun teh saja yang bisa saya nikmati? Absolutely not!

Tiket Masuk

Setelah membayar retribusi yang sangat terjangkau kantong, yaitu 4rb/orang, 2rb/motor dan 3rb/mobil kamu bisa langsung menikmati bau cemara di kanan kiri jalan. Iya, seperti lagu anak-anak dulu hehe.. Sebelum memasuki portal retribusi ini kamu sudah mulai bisa menikmati hamparan kebun teh yang kece luar biasa. Bisa buat adem pikiran, mata, dan hati 
Eeeittss.. bukan hanya itu, ketika cuaca dan fisik mendukung, perjalanan treking ke air terjun patut untuk dicoba. Sekarang sudah tersedia tempat parkir yang lebih dekat dengan lokasi air terjun, yaah meskipun tidak bisa dikatakan ‘dekat’ juga.

Tiket Masuk Kebun Teh Sirah Kencong Blitar
Tiket Masuk Kebun Teh Sirah Kencong Blitar

Berkat kalian semua yang taat membayar retribusi, sekarang fasilitas sudah lebih memadai, pengunjung bisa menikmati hamparan kebun teh dengan duduk santai di gazebo yang sudah dibangun di tengah-tengah kebun, dengan melewati jalan setapak yang sudah dibuat untuk para pengunjung. Beberapa warung juga bisa menjadi tongkrongan untuk ngobrol santai, ngopi maupun ngemie nikmat.

Hijaunya Kebun Teh Sirah Kencong Blitar
Hijaunya Kebun Teh Sirah Kencong Blitar

Jangan khawatir ketinggalan trend, ada beberapa spot untuk kalian bisa menggantungkan hammock, karena duduk di gazebo sudah terlalu mainstream mungkin? Hehehe..
Penasaran bagaimana rasa teh yang diambil dari pucuk daun yang ijo royo-royo itu? Kalian bisa membeli produknya di warung sekitar sana, nama produknya Ken Tea. It’s worth to try.

Oiyaa, bonus tambahan yang mungkin tak akan disadari adalah ketika memasuki portal perkebunan Sengon, akan ada banyak pohon kopi di kanan dan kiri jalan, kalau hidung sedang sehat, kalian pasti bisa mencium wangi bunga kopi di sepanjang perkebunan itu. Jangan parno, itu wangi bunga kopi kok, bukan wangi yang lain.
Yash, sudah cukup tertarik pengen main kesana kan?
Selamat menikmati sejuknya perkebunan teh Sirah Kencong sahabat semua!
Sst.. bawa pasangan yak kalau bisa, biar sama kaya di FTV. Kalau emang harus kesana sendiri juga ga apa-apa, yaah siapa tahu ketemu jodoh segampang di FTV. Yekan? /abaikan/

Pemandangan Hijaunya Kebun Teh Sirah Kencong Blitar
Pemandangan Hijaunya Kebun Teh Sirah Kencong Blitar

Peta Menuju Sirah Kencong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *