Close
Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Sudah menjadi rahasia publik bahwa Yogyakarta terkenal dengan berbagai tempat wisatanya, Kebun Buah Mangunan contohnya. Sebagai salah satu wisata alam yang ditawarkan, tempat ini memiliki pesona khas yang membuatnya tak pernah sepi pengunjung.

Apa itu kebun buah mangunan

Untuk kamu yang belum tahu atau belum pernah ke sini, jangan membayangkan sebuah kebun di mana pengunjung bisa memetik buah sesukanya. Ya, tempat ini bukanlah tempat seperti agrowisata. Justru buah yang ada di sini tidak boleh dipetik oleh pengunjung yang datang. Mereka sengaja ditanam untuk dibudidayakan. Nah, yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah gardu pandangnya.

Jadi, ketika pengunjung memasuki wilayah kebun buah mangunan. Di kanan kiri jalan bisa ditemui perkebunan buah seperti rambutan, mangga, pisang, jambu dan beberapa tumbuhan lain. Setelah memarkir kendaraan dan berjalan sebentar, pengunjung akan disajikan pemandangan apik. Gunung seribu dengan sungai oyo yang berkelok indah di bawah. Inilah yang menjadi daya tarik kebun buah mangunan.

Kabut Indah Menjadi Salah Satu Daya Tarik Kebun Buah Mangunan
Kabut Indah Menjadi Salah Satu Daya Tarik Kebun Buah Mangunan

Dimana letaknya

Berlokasi di ketinggian sekitar 200 mdpl, namanya diambil sesuai dengan asalnya. Terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam dari kota Yogyakarta. Sudah terdapat banyak petunjuk untuk menuju ke sana, jadi tak perlu khawatir kesasar nanti.

Karena letaknya yang berada di ketinggian, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Juga, karena jalanan berkelok dan menanjak, jangan sampai rem motor tidak berfungsi, ya.

Retribusi dan Waktu untuk berkunjung

Untuk menikmati udara yang sejuk dan pemandangan yang indah di sini, pengunjung tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Untuk tiket sekali masuk cukup membayar sebesar Rp 5.000 sudah termasuk dengan biaya parkir. Nah, sekarang lokasi parkir tak seperti dulu. Motor dan mobil bisa dikendarai hingga ke puncak. Jadi pengunjung hanya perlu berjalan sebentar dan gunung seribu sudah tersaji di depan mata.

Baca Juga  Menikmati Ujung Candi Prambanan dari Spot Riyadi

Untuk para pemburu sunrise, tak perlu ragu datang ke sini pagi-pagi buta. Karena loket sudah beroperasi pada jam tersebut. Bila beruntung, gumpalan awan-awan putih akan menaungi gunung seribu dan membuatnya menjadi semakin indah. Nah, selain itu, waktu terbaik untuk menikmati pemandangan adalah pada sore hari, ketika matahari akan terbenam. Namun bila waktu tak memungkinkan untuk ke sana pada waktu tersebut, kebun buah mangunan masih tetap elok sebagai tempat berfoto.

Matahari Terbit di Kebuh Buah Mangunan
Matahari Terbit di Kebuh Buah Mangunan
Banyak Spot Instagramable di Kebuh Buah Mangunan
Banyak Spot Instagramable di Kebuh Buah Mangunan

Fasilitas di kebun buah mangunan

Meskipun tiket masuk terbilang murah, tapi fasilitas yang disediakan sangat memadai. Terdapat toilet dan mushola di dekat parkiran. Kemudian juga banyak warung yang berjejer rapi dan siap melayani pengunjung yang lapar. Juga, di sekitar kebun buah terdapat taman bermain anak-anak yang bisa digunakan. Jadi, dengan fasilitas yang memadai, tentunya pengunjung juga disarankan untuk bisa ikut merawat tempat tersebut. Cukup dengan menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: