Close
Foto Udara Gumuk Sapu Angin

Gumuk Sapu Angin: Tempat Alternatif Menikmati Ketinggian

Secangkir kopi panas, sejuknya udara, dan indahnya pemandangan tentu menjadi paket komplit yang diimpikan banyak orang. Kini, semua bisa didapatkan tanpa harus mendaki gunung ribuan mdpl. Kalian bisa memilih Gumuk Sapu Angin sebagai tempat alternatif menikmati ketinggian. Berada pada 828 mdpl, Gumuk Sapu Angin merupakan bukit kecil yang terletak di sisi utara Kabupaten Blitar. Yakni  di Desa Resapombo, Kecamatan Doko.

Tarif Masuk Gumuk Sapu Angin

Pada hari-hari sepi pengunjung, kalian tidak di kenakan biaya masuk, cukup membayar parkir 2000 rupiah/motor. Tapi ketika liburan, kalian akan dikenakan biaya sekitar 3000 rupiah/orang. Di sini tidak ada tarif untuk setiap spot foto, tapi terdapat kotak sumbangan sukarela. Kelak hasilnya akan digunakan untuk pengembangan dan perbaikan fasilitas di sana. Jadi kalian bisa berfoto sebanyak mungkin dan bebas memilih di mana saja. Tapi ingat, ketika ramai pengunjung kalian juga harus sadar untuk gantian dengan yang lain yaa.

Salah satu spot foto favorit di Gumuk Sapu Angin
Salah satu spot foto favorit di Gumuk Sapu Angin

Fasilitas di Gumuk Sapu Angin

Dibuka sekitar tahun 2016 wisata Gumuk Sapu Angin masih dikelola oleh masyarakat sekitar dengan fasilitas yang sudah bisa terbilang lengkap. Mulai dari ketersediaan petunjuk jalan, lahan parkir yang luas, toilet, warung dan tentu saja tempat sampah. Demi memenuhi kebutuhan pengunjung akan background foto yang indah para pengelola menyediakan banyak spot foto. Kalian bisa memilih gardu pandang dengan rangkaian bambu yang menjorok, ayunan kayu, dan hammock. Dan tentu saja berfoto dengan latar tulisan GSA yang berarti Gumuk Sapu Angin. 

Ayunan di Gumuk Sapu Angin
Ayunan di Gumuk Sapu Angin

Nah, biasanya hawa dingin akan lebih sering membuat perut keroncongan, kan? Tak perlu khawatir karena banyak warung yang tersedia di sana. Jadi sambil menikmati pemandangan kalian juga bisa duduk santai sambil menikmati jajanan ringan. Ada satu hal yang unik di sini. Kalian tidak hanya menikmati alam, tapi juga bisa merenungi petuah-petuah hidup yang tertulis dan banyak tersebar di sana.

Foto bareng dulu, cekrek :D
Foto bareng dulu, cekrek 😀

Rute Menuju Gumuk Sapu Angin

Lalu, bagaimanakah akses kesana? Pertama pilih rite menuju Wlingi, setelah tiba di Kawedanan Wlingi pilih jalan lurus terus menuju ke Kecamatan Doko. Kemudian tinggal mengikuti jalan yang berkelok-kelok hingga melewati kebun teh Banaran. Petunjuk jalan cukup jelas kok, jadi tak usah khawatir tersesat. Lalu setelah memasuki Desa Resapombo, kalian akan menemukan perempatan pasar desa. Kalian bisa lurus terus dan melewati Kantor Desa di sisi kanan jalan. Nah, Gumuk Sapu Angin sudah tidak terlalu jauh dari sana, kalian akan melihat tanda nama di kiri jalan. Setelah belok kiri, jalanan kecil yang cukup bergelombang dan menanjak akan menyambut kalian. Harus hati-hati ya, apalagi bila kondisi jalan basah dan licin.

Masih bingung? kalian bisa menggunakan peta di bawah untuk penunjuk jalan kalian.

 

Baca Juga  758 km, Seruni Point, Menikmati Indahnya Bromo di Pagi Hari : #RideWithThole

Jangan lupa tonton video perjalanan kami juga ya 😀

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: