Close
Festival Patung Pasir - Serang Festival Ke-3

Festival Patung Pasir : Serang Festival Ke-3

Masih di rangkaian Serang Festival ke-3. Selain mengadakan festival layang-layang, Pokdarwis Desa Serang juga mengadakan sebuah festival patung pasir. Festival ini diikuti oleh 26 sekolah tingkat SMA/MA se-Kota/Kab Blitar.

Dimulai pukul 9, acara ini mengundang banyak pengunjung. Pengunjung ramai melihat proses pembuatan patung pasir. Beberapa dari mereka juga mulai menebak-nebak akan jadi seperti apa nantinya gundukan-gundukan pasir yang mulai dibuat oleh para peserta.

Proses Pembuatan Patung Pasir
Proses Pembuatan Patung Pasir

Proses Pembuatan Patung Pasir

Meningginya matahari seakan menambah rintangan untuk para peserta. Selain bertambahnya rasa dahaga, proses pembuatan patung pasir pun sedikit terganggu dengan panasnya terik matahari. Karena apabila pasir sampai kering, kemungkinan akan terjadi kerusakan yang semakin besar pada patung mereka. Untuk mengantisipasi itu, banyak para peserta yang secara terus-menerus menyemprotkan air untuk menjaga agar patung pasir tetap basah.

Alat-alat yang digunakan oleh para peserta untuk bisa menghasilkan tekstur menarik juga beragam. Mulai dari alat-alat bangunan hingga sendok makan pun jadi senjata mereka untuk menghasilkan karya yang bagus. Kekompakan juga diuji di sini, karena mereka juga dituntut untuk menyelesaikan karyanya hanya dalam waktu 4 jam.

Kekompakan Sangat Penting Selama Proses Pembuatan Patung Pasir
Kekompakan sangat Penting selama Proses Pembuatan Patung Pasir

Pengumuman Kejuaraan

Setiap keringat yang menetes pun terbayar dengan senyum dan tawa para juara ini. Pengumuman kejuaraan langsung diumumkan oleh Bapak Handoko selaku Kepala Desa Serang. Dan ternyata, beda perolehan poin masing-masing kelompok sangatlah tipis, dan sempat membuat para perserta berdebar menunggu pembacaan pemenang ini. Akhirnya, juara pertama diamankan oleh SMA Islam as-Salam Gandusari Kab. Blitar. Usut punya usut, ternyata SMA Islam as-Salam ini merupakan juara bertahan sejak Festival Patung Pasir tahun lalu.

Para Pemenang Festival Patung Pasir
Para Pemenang Festival Patung Pasir

Nah, untuk selanjutnya, masih tersisa satu hari yang merupakan puncak acara dari “Serang Festival Ke-3”, yaitu pada hari Sabtu, 24 September 2017. Pada hari Sabtu besok, akan diadakan larung saji, pelepasan tukik, serta jazz pantai. Jadi, untuk kalian yang mungkin masih bingung mau ke mana besok, Pantai Serang bisa jadi salah satu alternatif. Selain bisa digunakan untuk bersantai di pantai, kalian bisa sekalian menyaksikan rangkaian acara Serang Festival tadi. ^_^

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: